Melawan Kanker dengan UICC

Melawan Kanker
Kanker dianggap sebagai suatu penyakit yang memberikan vonis mati kepada penderitanya. Hal ini wajar saja, karena memang sebagian besar penderita kanker biasanya berakhir dengan kematian. Apalagi, bagi sebagian masyarakat yang hanya mendengar tentang penyakit ini melalui media televisi, film, atau buku. Beberapa penulis cerita yang mengambil tema kanker ini, biasanya akan menggambarkan tokoh yang mengidap kanker ini akan berakhir dengan kematian, meskipun telah melalui proses pengobatan oleh spesialis kanker. Padahal, sebenarnya tidak semua penderita kanker itu sudah pasti akan meninggal, karena banyak juga penderita kanker yang berhasil sembuh setelah melalui berbagai proses pengobatan.

Untuk mengedukasi masyarakat mengenai penyakit kanker, para dokter spesialis kanker dunia membentuk Union for International Cancer Control (UICC) pada tahun 1933 agar tidak ada lagi kesalahpahaman mengenai penyakit ini. UICC, sebagai organisasi penanggulangan kanker dunia, dibawahi oleh WHO dan memiliki status konsultasi dengan United Nations Economic and Social Council. UICC juga memiliki jalinan kerja yang erat dengan International Agency for Research on Cancer, dan Programme of action for Cancer Therapy. Organisasi-organisasi lain juga dapat bergabung dengan UICC untuk menyediakan tenaga relawan, ahli kanker, dan advokat yang kemudian akan membantu menyebarkan kesadaran tentang kanker di daerahnya masing-masing, juga berkontribusi kepada program-program kerja UICC.

Sebagai organisasi internasional, UICC memiliki beberapa program kerja untuk mencapai misi-misinya. World Cancer Congress yang diadakan setiap dua tahun diadakan sebagai tempat untuk diskusi mengenai kanker, dan juga untuk para anggota dan partner untuk berbagi informasi dan saling belajar. Pada tingkat pemerintahan, UICC memiliki World Cancer Leader’s Summit setiap tahunnya, di mana anggota-anggota UICC yang berada di kementerian kesehatan berkumpul. Untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan kanker, UICC mengadakan Hari Kanker Sedunia yang diadakan setiap tanggal 4 Februari tiap tahunnya. Tujuan utama Hari Kanker Sedunia adalah mengurangi kasus dan kematian karena kanker di tahun 2020.

Walaupun UICC sudah berjuang untuk meningkatkan kesadaran mengenai kanker, jika tidak ada partisipasi dari masyarakat tentunya akan sia-sia. Maka dari itu, penting untuk masyarakat luas dapat setidaknya mengenali apa itu kanker dan gejalanya. Sehingga dapat segera memeriksa ke dokter jika mereka atau orang terdekatnya menunjukkan gejala kanker. Dengan meningkatnya kesadaran akan kanker, besar harapan tujuan tahun 2020 akan dapat tercapai. (Dana)

No comments:

Post a Comment